Menu Tutup

Metode Belajar yang Efektif Ala Asahsaya

Hai AsahSaya Readers!

Belajar merupakan suatu proses yang mengubah manusia dari keadaan tidak tau menjadi tau dan merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang lebih cerah. Belajar merupakan suatu keharusan bagi kebanyakan orang, khususnya adalah pelajar. Pelajar dituntut untuk mendapatkan nilai yang memuaskan.

Apa diantara kalian ada yang kesulitan ketika belajar?  Satu materi saja terkadang terasa sulit dan membutuhkan pembelajaran berkali kali. Hal ini dikarenakan kurangnya efektifitas dari metode pembelajaran. Melihat peran yang begitu vital dari belajar, maka menerapkan metode yang efektif adalah sebuah keharusan. AsahSaya punya metode efektif nih untuk kalian yang kesuliatan belajar. Yuk dicoba!

Sebelum melakukan metode belajar yang efektif, ada hal-hal yang harus kalian perhatikan. Ciptakan suasanya disekitar lingkungan senyaman mungkin, dan tanamkan baik-baik dalam pikiran kalian bahwa belajar bukan berarti menghapal isi dari suatu materi pelajaran, tapi belajar adalah memahami isi dari suatu materi pembelajaran.  Oh ya kalian tau gak sih? Belajar dalam bentuk teks tidak selalu membuat kamu mudah dalam belajar. Ada baiknya kamu menggambarkan materi dalam bentuk visual (gambar). Biasanya belajar dengan menggunakan materi visual bisa memudahkan pelajar dalam memahami suatu materi. Jika semua sudah terpenuhi, maka lakukan metode-metode belajar  efektif sebagai berikut:

1. Lakukan Pembelajaran

Mulailah mempelajari suatu materi, dimulai dari materi yang paling mudah, kemudian dilanjutkan ke materi yang cukup sulit dan seterusnya. Hal ini dilakukan sebagai pemanasan dalam proses belajar dan membuat pelajar merasa tidak terbebani dengan pelajaran. Rangkumlah pokok-pokok materi, ambil intisari dari materi pelajaran yang ada, sehingga memudahkan kita dalam belajar. Kamu  juga bisa belajar sambil mempraktikannya. Hal ini akan membuat kamu tidak merasa bosan.

2. Ulangi Pembelajaran

Ulangi pembelajaran yang sudah kamu lakukan, hal ini berguna agar kamu dapat lebih memahami materi pelajaran yang sudah kamu pelajari sebelumnya.

3. Lakukan Tes Pengetahuanmu

Setelah kamu melakukan langkah pertama dan kedua, maka teslah kemampuanmu dengan membahas soal-soal yang berhubungan dengan materi yang sudah kamu pelajari. Kenapa hal ini dilakukan? Hal ini berfungsi untuk mengukur seberapa besar kemampuan kamu dalam menangkap materi-materi yang sudah kamu pelajari.

Lakukan metode pembelajaran tadi secara rutin saat  belajar agar kamu terbiasa dengan metode belajar yang efektif. Hindari belajar praktis atau dengan SKS (Sistem Kebut Semalam), yaitu belajar yang hanya dilakukan dalam keadaan terdesak, karena belajar dengan metode tersebut tidaklah efektif.  

Nah mulai sekarang lakukan pembelajaran efektif seperti ketiga langkah di atas agar ilmu yang kamu dapat bisa kamu serap secara maksimal.

Selamat mencoba AsahSaya Readers! Semangaat! \^-^/

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

2 Comments

  1. Pingback:Tips dan Trik Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak - AsahSaya

  2. Pingback:Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Kesulitan Memahami Mata Pelajaran di Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *