Menu Tutup

Yuk Bahas Perbedaan Atom, Unsur, Molekul dan Ion!

Hai AsahSaya Readers!

Kita bahas salah satu materi dari mata pelajaran kimia yuk!

Hari ini kita akan membahas perbedaan antara atom, unsur, molekul, dan ion. Meskipun tampak sepele, kita dibuat rancu saat bertemu dengan istilah atom, unsur, molekul, dan ion. Apa bedanya mari kita pelajari bersama sama.

Atom adalah partikel terkecil suatu unsur yang memiliki sifat yang sama sesuai dengan unsurnya. Unsur adalah zat murni yang tidak dapat dibagi lagi menjadi dua atau lebih zat lain yang lebih sederhana melalui proses kimia atau proses fisika. Di alam telah dikenal setidaknya ada 116 unsur, sebanyak 83 unsur terjadi secara alamiah di bumi, sedangkan 33 unsur lainnya merupakan unsur buatan. Unsur tersusun dari partikel-partikel kecil yang disebut atom. Atom-atom dalam satu unsur tidak sama dengan atom-atom dalam unsur lain.

Molekul adalah partikel yang terbentuk dari gabungan dua atom atau lebih yang terikat secara kimia. Gabungan dua atom atau lebih yang sejenis membentuk molekul unsur, sedangkan gabungan atom-atom yang berbeda jenis membentuk molekul senyawa. Contoh molekul yang ada di alam antara lain air (H2O), karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2) dan lain lain. H2O memiliki dua jenis unsur yaitu hydrogen (H) dan oksigen (O) pada satu molekul, H2O terdiri dari dua atom hydrogen dan satu atom oksigen. CO2  memiliki dua jenis unsur yaitu karbon (C) dan oksigen (O). Dalam satu molekul CO2 terdapat tiga buah atom yaitu satu atom karbon (C) dan dua atom oksigen (O)

Perbedaan istilah atom dan unsur, molekul dan senyawa muncul akibat tata bahasa inggris yang mengenal ada dua nama untuk satu benda yang sama. Mari kita lihat tabel berikut:

NOUN 1 NOUN 2
Sun ( matahari ) Solar (surya)
Man ( orang ) Human ( manusia )
Atom ( atom ) Element ( unsur )
Molecule ( molekul ) Compound ( senyawa )
Earth ( bumi ) World ( dunia )
House ( rumah ) Home ( rumah )
Country ( negeri ) Nation ( bangsa )

Ion adalah segala zat yang bermuatan listrik bisa positif dan bisa negatif, Muatan ini terjadi akibat adanya pelepasan atau penangkapan elektron. Ion bermuatan positif disebut kation, sedangkan yang bermuatan negatif disebut anion.

Yohanes Suhardjo

Artikel Lainnya :

Ilmuwan Indonesia Sebagai Penemu Sains Yang Fenomenal


Pernah Tersetrum Ketika Bersentuhan? Inilah Alasannya!

Mau Tau Siapa Saja Manusia Yang Pernah Menginjakkan Kakinya Di Bulan ?

Posted in SMA, SMK

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *