Menu Tutup

Tips dan Trik Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Halo AsahSaya readers, apakabar nya nih? Bagaimana dengan nilai rapor di akhir semester, apakah sudah ada pilihan dari kalian yang mau naik ke tingkat SD, SMP, maupun SMA? Kalau masih ada yang bingung karena banyak pertimbangan. Misalnya saja karena masalah biaya, letak sekolah, dan juga menyesuaikan dengan kemampuan anak, disini penulis mau berbagi beberapa tips dan trik untuk memilih sekolah terbaik untuk anak.

Pakar Psikologi Rosdiana Setyaningrum mengatakan, “Anak tidak memiliki kewajiban untuk memenuhi mimpi orangtua yang belum terwujud. Jadi memilih sekolah anak tidak boleh berdasarkan ambisi orangtua semata.” “Ambisi orangtua dalam menyekolahkan anak, bisa menghancurkan masa depan anak,” tambahnya. Lebih lanjut, lulusan psikologi UI ini juga menjelaskan, dalam memilih sekolah anak, hal penting yang harus diperhatikan orangtua adalah kecocokan sekolah dengan anak. Dari sistem belajar, lingkungan sekolah, hingga budaya di sekolah tersebut.

Dari pendapat psikolog di atas,  orang tua memiliki peran penting dalam membantu anak memilih sekolah terbaik. Meskipun ada yang perlu dihindari yaitu ambisi orang tua yang dominan untuk memilih sekolah terbaik pilihan orang tua.  Hal ini karena kembali lagi harus disesuaikan pula dengan potensi kecerdasan yang dimiliki oleh anak. Secara umum terdapat 3 potensi kecerdasan yang dimiliki anak antara lain potensi kecerdasan bahasa, berhitung, dan multiple intellegence. Multiple intelligence adalah kecerdasan ganda yang dapat dimaknai sebagai kemampuan seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah, kecerdasan itu meliputi daya pikir dan perkembangan kognitif.

Setelah mengenal secara dalam tentang potensi kecerdasan yang dimiliki anak maka akan sangat membantu para orang tua untuk memilih sekolah terbaik untuk anaknya. Hal ini sangat berguna untuk yang akan memasukkan anaknya ke sekolah tingkat dasar. Apabila saat balita orang tua menyadari bahwa anaknya dominan memiliki kecerdasan berhitung maka pilihan yang tepat untuk orang tua adalah mengusahakan mencari sekolah yang memiliki kegiatan tambahan di sekolah cara berhitung cepat sejak dini misalnya.

Setelah mengenali potensi anak maka akan memudahkan orangtua dalam memilih sekolah yang terbaik namun bukan dengan ambisi dominan dari oran tua semata. Hal ini dapat terealisasi apabila memiliki anak yang bertumbuh aktif sejak usia balita selanjutnya orang tua memasukkan anak ke sekolah yang memiliki kegiatan olahraga yang baik di sekolahnya. Berbeda jika anak sejak kecil telah memiliki percaya diri yang baik, maka orang tua perlu untuk benar-benar memilihlingkungan sekolah yang ramah yang bisa mendukung kepercayaan diri anak untuk tetap terus berkembang.

Selain peran orang tua, anak juga harus dilibatkan dalam memilih sekolah, agar anak merasa memiliki andil dalam masa depannya. Sehingga dengan adanya diskusi orang tua dan anak mengenai apa yang dia sukai dan tidak disukai dapat menjadi bahan pertimbangan orang tua untuk membantu memilih sekolah terbaik.

Dari kesesuaian tujuan awal orang tua yang baik dalam memilih sekolah dengan potensi kecerdasan yang dimiliki anak maka secara proses akan mendukung anak untuk bisa betah di sekolahnya. Sehingga tidak ada salahnya orang tua untukmengunjungi sekolah atau berbincang-bincang lebih dalam dengan guru di sekolah yang menjadi pilihan awal orang tua untuk mengetahui metode mengajar dan sistem pengajaran di sekolah tersebut.

Sumber: theasianparent.com

Artikel Lainnya :

Metode Belajar yang Efektif Ala Asahsaya
Yuk Bahas Perbedaan Atom, Unsur, Molekul dan Ion!
Mengenal Sistem Pendidikan di Indonesia

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *