Menu Tutup

Kamu Sulit Berkonsentrasi Saat Belajar? Ini Penyebab dan Cara Menanggulanginya

Hai AsahSaya Readers!

Apa kamu pernah merasa kesulitan berkonsentrasi saat belajar? Hal ini tidak boleh kalian anggap sepele loh, karena hal tersebut dapat berdampak besar bagi kehidupan kalian. Akibat  yang ditimbulkan tidak main-main. Kesulitan berkonsentrasi saat belajar akan menyulitkan kalian dalam menyerap materi pelajaran. Alhasil kalian tidak dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan akan kesulitan dalam mendapatkan nilai yang memuaskan. Artikel  ini akan membahas apa saja penyebab kesulitan dalam berkonsentrasi dan bagaimana cara menanggulanginya.

Yuk langsung kita bahas!

Penyebab Sulit Berkonsentrasi

Terdapat beberapa penyebab kesulitan berkonsentrasi saat belajar. Berikut ini merupakan beberapa penyebab dari kesulitan belajar dan bagaimana cara menanggulanginya:

Belum sarapan

Pernahkah kalian mendengar bahwa sarapan dapat meningkatkan konsentrasi? Ternyata anggapan ini benar loh. Tubuh manusia dalam keadaan puasa saat tidur di malam hari. Selama waktu itu, tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi, sehingga tubuh akan merasa lemas dan kurang bersemangat. Ketika kamu sarapan, tubuh akan mendapatkan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi, dengan sarapan maka kesehatan tubuhmu akan terjaga, dan energi kamu akan bertambah. Sarapan sehat juga dapat  meningkatkan semangat dan konsentrasi kamu, sehingga kamu dapat menyerap materi pelajaran dengan baik. Pastikan kalian sarapan dengan gizi makanan yang seimbang ya. Ternyata  banyak  ya manfaat dari sarapan.

Kondisi tubuh yang kurang fit

Kondisi tubuh yang kurang fit dapat membuat kamu kesulitan dalam berkonsentrasi. Ketika kamu sakit, otomatis kamu akan lebih memilih diam karena merasa lemas. Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi sebelum kamu terserang penyakit, pastikan daya tahan tubuhmu kuat, caranya  adalah dengan menjaga pola makan seimbang kamu, dan lakukan istirahat secukupnya, dengan begitu otomatis kamu akan semangat untuk belajar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Memikirkan banyak hal

Apa kalian pernah memikirkan hal-hal lain ketika sedang belajar? Jika pernah, maka cepat hilangkan pemikiran-pemikiran yang mengganggu konsentrasi belajar kalian. Memikirkan banyak hal secara sekaligus dapat menurunkan konsentrasimu dalam belajar. Semakin banyak hal yang kalian pikirkan saat belajar, maka akan menurunkan tingkat konsentrasimu.

Mengerjakan beberapa tugas sekaligus (Multitasking)

Mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan akan membuat kalian kesulitan dalam berkonsentasi. Dengan banyaknya tugas yang kalian kerjakan, maka fokus kalian akan terpecah. Mengerjakan beberapa hal sekaligus sering dianggap dapat mempersingkat waktu  pengerjaan, anggapan ini salah, karena mengerjakan tugas sekaligus dapat membuat kalian tidak fokus dalam mengerjakan suatu tugas, dan justru akan membuat waktu pengerjaan tugas semakin lama.  Jadi mulai sekarang fokuskan kerjaanmu pada satu tugas, baru lanjutkan ke pekerjaan selanjutnya ya.

Terlalu sering bermain gadget

Di zaman yang semakin berkembang saat ini, tidak dapat dipungkiri gadget sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan pelajar. Terlalu banyak menggunakan gadget dapat  menyebabkan beberapa dampak negatif, diantaranya adalah gangguan penglihatan, mengurangi produktifitas, dan menyebabkan gangguan tidur. Selain itu, terlalu sering menggunakan  gadget juga dapat membuat emosi kamu kurang stabil. Ketika emosimu kurang stabil, maka secara  otomatis kamu akan kesulitan untuk berkonsentrasi. Jadi mulai sekarang pakai gadget secukupnya ya guys!

Nah  itulah  informasi mengenai penyebab kesulitan dalam berkonsentrasi dan bagaimana cara menanggulanginya. Coba terapkan yuk!

Sumber:

www.alodokter.com, www.adiwgunawan.com

Artikel lainnya :

Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Kesulitan Memahami Mata Pelajaran di Sekolah

Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Kesulitan Memahami Mata Pelajaran di Sekolah

Trik Belajar dan Menghafalkan Materi Pelajaran Sekolah

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *