Menu Tutup

Fakta Ilmiah Tentang Kucing

Hai AsahSaya Readers !

Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci, ataupun ikan adalah jenis hewan peliharaan yang sering di sukai oleh anak kecil, remaja, ataupun orang dewasa. Kucing menjadi hewan peliharaan favorit karena ia imut lucu dan menggemaskan. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.

Hewan Kucing (nama ilmiahFelis silvestris catus atau Felis catus) adalah sejenis mamaliakarnivora dari keluargaFelidae. Kucing adalah hewan mamalia berkaki empat dan berambut, kucing juga merupakan hewan karnivora dan memiliki indra penglihatan yang sangat tajam. 

Fakta-fakta ilmiah keistimewaan pada Kucing :

Fakta pertama: Lidah kucing sendiri merupakan alat pembersih yang canggih.

Ini dikarenakan lidah kucing memiliki permukaan yang kasar. Nah, permukaannya yang kasar tersebut dapat membuang bulu-bulu mati dan membersihkan bulu-bulu yang tersisa di badannya.

Fakta kedua: Kucing lebih bersih dari manusia.

Hasil penelitian kedokteran dan percobaan yang telah di lakukan di laboratorium hewan, ditemukan bahwa badan kucing bersih secara keseluruhan. Ia lebih bersih dari manusia. Menurut Dr. George Maqshud, jarang sekali ditemukan adanya kuman pada lidah kucing. Jika kuman itu ada, maka kucing itu akan sakit.

Fakta ketiga: Kucing tidak suka air.

Ini karena air merupakan tempat yang sangat subur untuk pertumbuhan bakteri, terlebih pada genangan air (lumpur, genangan hujan, dll). Kucing juga sangat menjaga kestabilan kehangatan tubuhnya. Ia tidak banyak berjemur dan tidak dekat-dekat dengan air. Tujuannya agar bakteri tidak berpindah kepadanya. Inilah yang menjadi faktor tidak adanya kuman pada tubuh kucing.

Fakta keempat: Pada zaman dahulu, kucing dipakai untuk terapi.

Dengkuran kucing yang 50Hz baik buat kesehatan selain itu mengelus kucing juga bisa menurunkan tingkat stress. Fakta lainnya yaitu, beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari bermain dengan kucing. Selain membuat sehat secara psikis dan juga emosional.

Fakta kelima: Kucing bisa hidup hingga 30 tahun.

Guineess Book of World Record pernah mencatat Pinky sebagai kucing tertua berusia 28 tahun dari Kansas, Amerika Serikat. Kucing ini mampu mencapai usia hingga tiga dekade. Sebelumnya, seekor kucing dari Texas bernama Creme Puff bahkan meninggal pada usia 38 tahun. Bukti lain menunjukkan bahwa Tomoko, seekor kucing asal Prefektur Aomori, Jepang, pernah hidup hingga 36 tahun. Dia meninggal pada 1971.

Fakta keenam: Kucing tidur 20 jam sehari.

Kucing menghabiskan waktu 14 hingga 20 jam setiap harinya untuk tidur. Mereka jarang sekali mengedipkan mata, rata-rata hanya dua kedipan per jam atau 40 kali kedipan per hari. Tidur yang cukup panjang ditengarai menjadi alasan mengapa seekor kucing bisa berumur panjang hingga menembus 30 tahun.

Fakta ketujuh: Kucing tak bisa melihat merah.

Kucing memiliki kelemahan sensorik, yaitu bermasalah dengan warna merah. Kucing sangat terbiasa dengan warna abu-abu dan hitam.

            Diantara kamu pasti ada yang pelihara kucing dirumah. Kucing memang menjadi hewan kesayangan hampir semua orang. Dari artikel tersebut kamu bisa mengetahui fakta-fakta ilmiah tentang kucing, yang mungkin kamu belum ketahui sebelumnya. Mendapatkan ilmu bukan hanya dari sekolah, kamu juga bisa mendapatkan ilmu dari luar. Kamu bisa belajar dengan guru-guru professional dan berasal dari sekolah-sekolah terbaik di Indonesia. Cek websitenya di www.asahsaya.com Pilih kelasmu sekarang!

Artikel Lainnya :

Jangan Takut Hantu! Berikut Ini Pendapat Para Ahli Mengenai Keberadaan Hantu

Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Kesulitan Memahami Mata Pelajaran di Sekolah

Sumber :

https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/16-sifat-aneh-kucing-dijelaskan-ilmuwan-secara-sains/full

https://www.idntimes.com/science/discovery/viktor-yudha/16-sifat-aneh-kucing-dijelaskan-ilmuwan-secara-sains/full

https://www.akizaku.com/2018/06/keistimewaan-dan-fakta-ilmiah-tentang.htmlhttps://gayahidup.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/p7afqj284/11-fakta-unik-tentang-kucing-1

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *