Menu Tutup

5 Alasan Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Hai AsahSaya readers

Tahukah kalian bahwa bahasa merupakan alat komunikasi manusia di dunia? Bahasa merupakan sistem lambang berupa bunyi, bersifat arbitrer, digunakan oleh masyarakat untuk bertutur, bekerjasama, berkomunikasi, dan untuk mengidentifikasi diri (Keraf & Chaer, 2006:1). Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional pertama yang digunakan untuk berkomunikasi dalam berbagai aspek kehidupan. Pasti di antara kalian semua sudah mengetahui apabila bahasa Inggris sudah menjadi bahasa asing yang wajib dipelajari dan dikuasai setelah bahasa ibu di era globalisasi saat ini dalam berbagai aspek kehidupan; pendidikan, ekonomi, politik, budaya.

Sudah menjadi hal yang umum karena bahasa Inggris saat ini menjadi bahasa internasional yang digunakan hampir di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu agar AsahSaya readers tidak ketinggalan dengan negara lain pada era globalisasi saat ini maka harus mulai menyadari dan segera mempersiapkan diri untuk kemajuan generasi penerus bangsa dalam menguasai bahasa asing lainnya selain bahasa Inggris.

Beberapa di antara kita pun saat ini sudah menganggap bahasa Inggris adalah bahasa kedua sehari-hari yang wajib di kuasai. Mulai dari siswa sekolah dasar, tingkat menengah pertama, menengah atas, mahasiswa hingga para pekerja di kantor agar sadar sejak dini akan perlunya penguasaan bahasa asing selain bahasa inggris. Hal ini penting karena ada lima alasan penting bagi kalian para AsahSaya readers harus menguasai bahasa asing selain bahasa inggris :

1. Sering diundang untuk mewakili Indonesia dalam event-event kancah internasional.

Ketika kita fasih menggunakan bahasa asing maka tamu yang datang berkunjung ke event event internasional itu otomatis akan senang berbicara dengan kita dan mereka pasti terkesan dengan kemampuan kita. Apalagi menguasai bahasa asing selain bahasa inggris seperti bahasa jepang, bahasa jerman, perancis ataupun yang lain.

2. Nilai kita dimata perusahaan internasional naik dan mendapatkan kesan yang bagus.

Ini sangat cocok untuk yang sudah berada di dunia kerja, misalnya saja dalam bisnis, bahasa Inggris berperan sebagai bahasa internasional untuk keseragaman dalam komunikasi untuk menunjang suksesnya kerja sama dan negosisasi bisnis dengan negara lain berjalan dengan lancar. Nah, apabila kita bisa menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris maka nilai kita semakin bertambah dan akan mendapat kesan yang lebih bagus lagi dalam lingkup komunikasi bisnis maupun lainnya.

3. Bisa keliling dunia.

Misalnya di antara AsahSaya readers ada yang sudah bisa menguasai beberapa bahasa asing, anggaplah bisa menguasai tiga bahasa asing maka akan menjadi suatu prestasi tersendiri dan mengundang decak kagum bagi orang yang mendengar dan mengetahuinya.

4. Membantu untuk memahami budaya kita lebih baik.

Hal yang tak kalah pentingnya adalah dengan memahami banyak bahasa asing dan budaya luar maka kalian juga dapat melihat budaya sendiri dalam perspektif yang berbeda, sehingga membantu kalian AsahSaya readers untuk bisa lebih memahami budaya sendiri jauh lebih baik lagi.

5. Mengubah persepsi terhadap dunia.

Berdasarkan teori relativitas linguistik, belajar bahasa selain bahasa ibu juga dapat mengubah cara kita memandang dunia terutama persepsi warna dan aksen dialog. Tahukah AsahSaya readers bahwa warna biru bagi orang Jepang tidak selalu “biru”? Sementara bagi orang Indonesia (termasuk pula di bahasa inggris), nuansa warna biru hanya terbatas dari biru tua, muda, dan gelap, orang Jepang memiliki 50 kosa kata berbeda untuk menggambarkan warna biru.

Hal ini membuat orang Jepang monolingual mampu membedakan lebih banyak nuansa biru daripada kita. Sementara itu, orang Korea dan Jepang tidak bisa membedakan pelafalan huruf “r” dan “l”, yang membuat mereka mungkin akan kesulitan membedakan “river” (sungai) dengan “liver” (hati) saat mendengarnya. Mereka menggunakan unit suara tunggal (fonem) yang mewakili keduanya.Hal yang terpenting untuk bisa menguasai banyak bahasa asing mulailah belajar dari berbagai sumber, apalagi di kemajuan era digital saat ini segala kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dapat dilakukan melalui youtube ataupun langsung melakukan penelusuran melalui google kapanpun dan dimanapun. Tetapi untuk lebih baik lagi dalam belajar bahasa asing diperlukan adanya pendamping atau tutor yang lebih paham untuk meluruskan pemahaman kita dalam belajar bahasa asing.

Artikel lainnya :

Tips dan Trik Memilih Sekolah Terbaik Untuk Anak

Metode Belajar yang Efektif Ala Asahsaya

Mengenal Sistem Pendidikan di Indonesia

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *