Menu Tutup

5 Tempat Wisata yang Merupakan Bukti Keajaiban Dunia di Indonesia

Halo AsahSaya Readers!

Gimana liburan sekolah kemarin? Pasti seru ya! Ada yang liburan di dalam negeri dan ada juga yang liburan di luar negeri. Kalian tau ga sih? Objek-objek wisata yang menarik tidak hanya ada di luar negeri, di dalam negeri juga banyak objek-objek wisata yang menarik loh. Nah AsahSaya punya informasi mengenai 5 tempat wisata dan bukti keajaiban dunia yang ada di Indonesia!

Simak Yuk!

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo didirikan pada tahun 1980 di daerah Nusa Tenggara Timur. Taman nasional ini terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Padar dan beberapa pulau kecil di sekitarnya. Taman Nasional Komodo memiliki luas 603 km2 dan total luas wilayah 1817 km2. Taman nasional ini kaya akan beragam jenis flora dan fauna, diantaranya spesies hewan mamalia, burung, dan reptilia.

Habitat komodo yang sesungguhnya telah menyusut akibat aktivitas manusia, sehingga lembaga IUCN memasukkan komodo sebagai spesies yang rentan terhadap kepunahan. Komodo telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi oleh Pemerintah Indonesia dan habitanya dijadikan taman nasional yang tujuannya adalah untuk melindungi komodo dari kepunahan.

Komodo (biawak komodo) merupakan spesies biawak terbesar peninggalan jaman purba. Komodo memiliki panjang 2-3 meter dan dapat mencapai berat 100 kg.

Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan Candi Budha terbesar di dunia. Candi ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi Borobudur disebut UNESCO sebagai monumen dan kompleks stupa terbesar di dunia yang sangat memukau.

Berdasarkan Prasasti Karangtengah, diperkirakan Candi Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan putrinya, Ratu Pramudawardhani, pada abad ke-9. Saat ini Candi Borobudur masih aktif digunakan saat acara-acara keagamaan.

Candi ini dikunjungi jutaan pengunjung setiap tahunnya, baik turis lokal maupun mancanegara. Candi Borobudur merupakan hasil karya peradaban masa lampau yang bernilai seni tinggi dan penuh nilai historis didalamnya. Candi ini menjadi salah satu lokasi favorit wisatawan dalam menikmati sunset dan sunrise di Indonesia.

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman nasional tanjung puting terletak di Kalimantan Tengah. Taman nasional ini merupakan cagar alam dan suaka margasatwa yang ditetapkan Pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937. Taman nasional ini memiliki luas 415.040  hektar yang terdiri atas Suaka Margasatwa Tanjung Puting seluas 300.040 hektar, hutan produksi seluas 90.000 hektar (eks HPH PT Hesubazah), dan kawasan perairan seluas 25.000 hektar.

Taman nasional ini kaya akan fauna diantaranya adalah 38 jenis mamalia. Tujuh di antaranya adalah primata yang cukup dikenal dan dilindungi seperti orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus), bekantan (Nasalis larvatus), owa kalimantan (Hylobates agilis), dan beruang madu (Helarctos malayanus). Jenis-jenis mamalia besar seperti rusa sambar, kijang muncak (Muntiacus muntjak), pelanduk kancil (Tragulus javanicus), dan babi janggut (Sus barbatus) dapat dijumpai di kawasan ini. Bahkan, beberapa jenis mamalia air seperti duyung (Dugong dugong) dan lumba-lumba dilaporkan pernah terlihat di perairan sekitar kawasan Taman Nasional Tanjung Puting.

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat terdapat di provinsi Papua Barat. Kepulauan ini menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Raja Ampat adalah surga keindahan alam bawah laut yang luar biasa, bahkan seluruh dunia mengakui hal itu. Wisatawan yang datang ke kepulauan ini akan dimanjakan dengan berbagai macam pemandangan bawah airnya yang sangat memukau.

Kawasan Kepulauan Raja Ampat tidak hanya menyuguhkan keindahan dunia bawah lautnya, kepulauan ini juga menyuguhkan berbagai macam objek keindahan lainnya, yaitu keindahan Misool, Star Lagoon, monumen alami Batu Pensil, Ikon Raja Ampat yaitu Wayang, desa wisata dan spot diving yang asyik yaitu Desa Arborek, Pasir Timbul (pulau pasir putih), Desa Wisata Sauwandarek, melihat langsung burung cendrawasih di Desa Sawinggrai, dan Air Terjun Batanta.

Pulau Bali

Pulau Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang berada dalam gugusan Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau ini sekarang termasuk wilayah Provinsi Bali. Pulau ini juga sering disebut sebagai Pulau Dewata atau Pulau Seribu Pura. Pulau Bali sangat terkenal baik dari segi keindahan alam, seni, budaya, dan adat istiadat setempat sangatlah menginspirasi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Masyarakat Pulau Bali juga sangat kental dengan agama mereka, Hindu. Selain sebagai tempat ibadah, pura di sana sangat memanjakan mata yang memandang. Pulau Bali terkenal dengan keindahan puranya, Upacara Ngaben dan tarian khas Bali. Tidak jarang Pulau Bali menjadi tujuan wisata baik turis lokal maupun mancanegara.

Kita sebagai orang Indonesia harus bangga, ikut melestarikan dan menjaga tempat-tempat tersebut ya guys.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Kita bertemu di artikel selanjutnya ya!

Artikel lainnya :

5 Alasan Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Fakta Ilmiah Tentang Kucing

TEORI ASAM , BASA DAN INDIKATOR

Sumber:

www.yogyes.com

www.erycorners.com

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *