Menu Tutup

Bagaimana Cara Berpikir Kreatif?

Sangat penting dalam era modernisasi saat ini untuk memiliki inovasi-inovasi baru dan dapat terus mengembangkannya. Hal ini penting untuk dilakukan oleh anak sejak usia dini sehingga kemampuan berpikir kreatif dapat terus dilatih. Bagaimana caranya? Beragam cara dapat dilakukan oleh AsahSaya readers untuk dapat berpikir kreatif . Salah satu cara dasar untuk menjadi kreatif adalah :

Pertama

Memulainya dengan membuat suatu ritual khusus seputar kreatifitas atau berhenti dari semua aktivitas rutin anda. Contoh nyata yaitu mandi. Mungkin terdengar aneh tapi nyata, sering kali ide-ide brilian muncul saat sedang mandi. Asahsaya Readers bisa juga menyiapkan kertas dan pena untuk langsung menuliskan ide sebelum melupakannya. Contoh lainnya adalah Jalan-jalan ke sekitar. Seperti mandi, jalan-jalan juga dapat memunculkan kreatifitas Asahsaya readers lho. Kalian dapat jalan-jalan kecil di sekitar area rumah. Hal ini yang sering dilakukan Steve Jobs juga, beliau sering melakukan rapat sambil berjalan untuk dapat memunculan ide-ide kreatif.


Jalan-jalan juga dapat memunculkan kreatifitas

Kedua

Asahsaya readers dapat lakukan adalah bertukar pikiran. Bertukar pikiran atau sering disebut brainstorm merupakan salah satu cara tepat untuk menemukan satu ide yang terbaik. Dengan bertukar pikiran maka membantu Asahsaya readers untuk membuka pikiran dan tidak terjebak di suatu pola pikir yang itu-itu saja. Hindari membatasi diri sendiri dalam bertukar pikiran atau diskusi. Saat merasa nyaman adalah saat dimana semua ide boleh dilontarkan, di saat seperti itulah kemampuan berpikir kreatif dapat diasah. Jika Asahsaya readers  mulai membatasi diri sendiri di level ini, mungkin saja banyak ide-ide kreatif yang dilewatkan. Sebagai contoh, anda mungkin sedang tidak ada ide untuk menulis cerita baru. Dibanding berpikir tentang apa yang akan anda tulis, mulailah mencari ide tentang apa yang akan terjadi selanjutnya atau bagaimana cerita ini akan berjalan jika tidak ada batasan apapun.

Ketiga

Asahsaya readers dapat lakukan adalah melihat masalah yang ada dari sudut pandang baru. Melihat sesuatu dari sudut pandang baru memungkinkan untuk menemukan solusi baru yang sebelumnya belum terpikirkan. Putar baliklah masalah itu. Memutar sebuah gambar akan membuatnya lebih mudah digambar, karena otak akan mulai berpikir bagaimana cara menggambar dibanding dimana itu seharusnya berada.

Keempat

Berangan-angan, mungkin berangan-angan dianggap sepele dan kurang penting namun sering tak disadari berangan-angan membantu untuk membuat hubungan dan pola serta mengingat kembali informasi-informasi yang lalu. Hal ini adalah kunci untuk berpikir kreatif karena dapat membantu Asahsaya readers membuat hubungan yang sebelumnya tidak dipertimbangkan. Jadi sering kali ide terbaik keluar saat Asahsaya readers sedang berangan-angan. Jadi boleh coba untuk dilakukan berangan-angan sambil berjalan atau mandi atau berangan-angan di pagi hari sebelum anda harus bangun, atau malam hari sebelum anda tidur.

Kelima

Hal yang sangat penting yaitu hilangkan atau singkirkan hal negatif yang mengganggu pikiran. Hal yang dapat menahan Asahsaya readers untuk berpikir kreatif adalah pikiran negatif. Pertimbangkan apa yang anda katakan tentang ide Asahsaya readers sendiri. Ketika anda memiliki ide brilian tentang sebuah buku lalu berpikir “Aku tidak akan pernah bisa menulisnya”, maka akan terjadilah seperti yang anda pikirkan. Dimanapun anda menemukan diri anda merespon negatif tentang ide anda, ganti pemikiran itu dengan pemikiran positif atau netral. Sebagai contoh: saat anda berpikir “Tidak ada ide bagus yang dapat saya tuliskan untuk artikel ilmiah saya” cobalah ganti pikiran itu menjadi “Tidak ada salahnya aku coba untuk mulai menulis ide-ide sederhana untuk artikel ilmiah ini.”

Proses berfikir kreatif

Keenam

Hal yang harus selalu diperhatikan adalah jaga kreatifitas yang Asahsaya readers miliki tetap tajam. Seperti kemampuan lainnya, kreatifitas perlu untuk diasah. Meski anda sedang tidak menghadapi masalah yang memerlukan solusi kreatif, tetaplah pertahankan kemampuan berpikir kreatif anda. Hal ini akan menolong anda ketika anda tiba-tiba dihadapkan dengan sesuatu yang perlu pemikiran kreatif. Karena berpikir kreatif bukan hanya sekedar mengeluarkan ide-ide cemerlang saja namun bagaimana kalian tidak membatasi ide-ide yang muncul untuk dikembangkan secara visioner.

Artikel Lainnya :

Kamu Sulit Berkonsentrasi Saat Belajar? Ini Penyebab dan Cara Menanggulanginya

Lakukan 5 Cara Ini agar Tidak Kesulitan Memahami Mata Pelajaran di Sekolah

Metode Belajar yang Efektif Ala Asahsaya

Kamu Sulit Berkonsentrasi Saat Belajar? Ini Penyebab dan Cara Menanggulanginya

Sumber :

www.hipwee.com/tips/hal-hal-simpel-yang-bisa-dilakukan-untuk-lepas-dari-kebuntuan-ide//

hhttps//idseducation.com/articles/7-alasan-kenapa-perlu-berpikir-kreatif//

Posted in UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *