Menu Tutup

Mengenal Lapisan struktur bumi

Hai semua!

Tahukah kamu kalau bumi kita ini terdiri dari berbagai lapisan yang berbeda? Mungkin kamu tahu kalau bumi memiliki berbagai lapisan atas atmosfer, tapi bagaimana dengan lapisan kebawah bumi? Dan pernahkah kamu bertanya ada ada di dalam pusat bumi kita ini? Yuk kita bahas bareng!

Bumi secara umum terdiri dari beberapa lapisan yaitu bagian paling atas disebut litosfer atau crust, lapisan di bawahnya adalah astenosfer atau mantel dan yang paling bawah adalah inti bumi. Bagian dalam dari bumi dapat diketahui dengan mempelajari sifat-sifat fisika bumi yaitu dengan metode geofisika, terutama dari kecepatan rambatan getaran atau gelombang seismik, sifat kemagnetannya dan gaya berat serta data panas bumi. 

Pada dasarnya ada 3 lapisan bawah bumi yang paling sering dibahas dan dijelaskan oleh para peneliti, yaitu:

Kerak Bumi

Kerak bumi merupakan struktur lapisan bumi bagian paling luar dari planet bumi. Pada lapisan kerak bumi inilah kita manusia, hewan dan tumbuhan hidup. lapisan kerak bumi ini memiliki ketebalan antara 5 – 70 Km. selain itu, lapisan dan struktur kerak bumi terdiri atas bebatuan beku, sedimen, dan metamorf.
Tidak hanya berupa bebatuan yang ada di lapisan kerak ini. Terdapat banyak gas pembentuk bumi yang berada pada lapisan bumi ini. Diantaranya adalah gas oksigen sebanyak 46,6%.

struktur kerak bumi inipun dibagi lagi menjadi dua atas berdasarkan ketebalannya yaitu :

  • Kerak Benua, merupakan kerak bumi yang paling tebal sampai dengan 70 km. Dengan rata-rata ketebalan sekitar 35 km.
  • Kerak Samudra, ialah lapisan tertipis pada kerak bumi yang meiliki ketebalan antara 5 sampai 15 km.
Gambar Lapisan Bumi

Mantel bumi

Mantel bumi atau yang seringkali disebut selimut atau selubung bumi adalah lapisan yang menyelubungi inti bumi dan merupakan bagian terbesar dari bagian bumi sekitar 83.2 persen dari volume dan 67.8 persen dari keseluruhan masa bumi.

Dengan ketebalan mencapai 2.900 km, struktur bumi pada lapisan mantel ini terdiri dari kandungan besi, aluminium, magnesium, kalium, silikon, serta oksigen. Selain memiliki ketebalan yang paling tebal di struktur lapisan bumi, lapisan mantel bumi juga memiliki suhu yang panas hingga mencapai  3.000 ºC loh.

Selain itu, hebatnya lagi, lapisan mantel bumi ini berbeda dengan lapisan kerak bumi yang berada tetap pada tempatnya. Sekarang ini, ilmu pengetahuan meyakini bahwa mantel bumi tidak dalam kondisi mantap atau tetap, melainkan dalam keadaan bergerak konstan.

Inti Bumi

Nah, lapisan yang berada paling di bagian terdalam bumi disebut Inti Bumi. Inti bumi terletak mulai kedalaman sekitar 2900 km dari dasar kerak bumi sampai ke pusat bumi.

Secara umum, berdasarkan zat penyusunnya, inti bumi sendiri dibagi menjadi dua bagian yakni inti bumi bagian luar atau outer core serta inti bumi bagian dalam atau inner core.

  • Inti bumi bagian luar (outer core), terletak di antara kedalaman 2900 km sampai 5100 km dan tersusun dari logam padat.
  • Inti bumi bagian dalam (inner core), terletak di antara kedalaman 5100 km sampai pusat bumi dan tersusun dari logam cair.

Inti bumi juga memiliki tekanan jutaan kali lebih besar daripada tekanan udara yang kita rasakan saat ini loh. Oleh karena itu, jika manusia mengunjungi lapisan ini, maka manusia tersebut tidak akan bisa bertahan hidup karena tekanan yang sangat kuat tersebut.

Nah itulah lapisan-lapisan bawah bumi gaes! Jadi, tanah yang saat ini kita hidupi sebenarnya hanya lapisan paling tipis dari bumi kita ini loh. Menarik kan? Sampai jumpa di blog AsahSaya berikutnya!

Artikel Lainnya :

Mengapa Gempa Bumi Sering Terjadi di Indonesia ? Ini Penjelasan Ilmiahnya !

Mengenal fase-fase bulan

Mau Tau Siapa Saja Manusia Yang Pernah Menginjakkan Kakinya Di Bulan ?

Sumber :

https://id.wikipedia.org/wiki/Struktur_Bumi

https://enjiner.com/struktur-lapisan-bumi/

Posted in SMA

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *