Menu Tutup

Kenapa Anjing Menjulurkan Lidahnya? Hal Ini Berkaitan Dengan Sains Loh!

Kenapa Anjing Menjulurkan Lidahnya?

Halo AsahSaya Readers!

Hari ini kita akan membahas alasan mengapa anjing selalu menjulurkan lidahnya. Apa kalian sudah tau alasannya? Kalau belum tau, yuk kita bahas!

Berdasarkan suhu tubuhnya, hewan terbagi menjadi 2 jenis, yaitu hewan berdarah dingin (poikiloterm) dan hewan berdarah panas (homeoterm). Hewan berdarah dingin merupakan hewan yang mengatur suhu tubuhnya sesuai dengan suhu di lingkungannya. Hewan berdarah dingin akan menjemur tubuhnya di bawah sinar matahari untuk meningkatkan suhu tubuhnya. Contoh hewan berdarah dingin adalah ikan (sebagian besar ikan), amphibi, arakhnida, serangga, dan reptil. Reptil seperti buaya akan menjemur tubuhnya di bawah sinar matahari  untuk memaksimalkan penyerapan sinar matahari. Jika sudah terlalu panas, maka reptil akan berteduh dan membuka mulutnya lebar-lebar untuk mengurangi suhu tubuhnya, sedangkan serangga seperti capung akan menggoyangkan tubuhnya jika lingkungan terlalu dingin, dan akan berpindah ke daerah yang lebih hangat jika suhu  lingkungan di sekitarnya terlalu panas.  Di musim dingin, beberapa ikan akan berpindah ke perairan yang lebih dalam untuk mencari suhu yang lebih hangat. Ciri-ciri dari hewan berdarah dingin adalah mengganti kulitnya untuk meremajakan dan mengganti jaringan kulitnya, memiliki gerakan yang cepat untuk mempertahankan diri dari ancaman karena memiliki sistem durabilitas yang lemah. Dapat bertahan hidup tanpa makanan berhari-hari karena hewan berdarah dingin adalah hewan yang sangat  kuat.

Hewan berdarah panas merupakan hewan yang akan mempertahankan suhu tubuhnya dalam kondisi konstan meskipun cuaca dingin atau panas. Pengelompokan hewan berdarah panas antara lain adalah mamalia dan aves. Mamalia memiliki kemampuan mempertahankan suhu tubuhnya pada kisaran 36oC, sedangkan aves akan mempertahankan suhu tubuhnya dalam kisaran 40oC. Hewan berdarah panas akan mempertahankan suhu tubuhnya pada kisaran tertentu meskipun suhu di lingkungannya terlalu dingin atau terlalu panas. Hewan berdarah panas melakukannya dengan bantuan dari otak. Saat cuaca dingin, hewan berdarah panas akan menyimpan suhu tubuhnya agar tetap hangat, sedangkan saat cuaca panas, hewan ini akan mengeluarkan keringat untuk mengurangi suhu tubuhnya yang tinggi.

Apa ada diantara kalian yang memiliki peliharaan anjing?

Tahukah kamu, Anjing merupakan hewan mamalia, artinya anjing merupakan hewan berdarah panas. Anjing  sering dipelihara oleh manusia. Manusia memiliki alasan beragam untuk memelihara anjing, antara  lain adalah sebagai teman bermain, untuk menjaga rumah, menjaga ternak, dan lain sebagainya. Anjing banyak dipelihara karena memiliki karakteristik setia pada majikan. Anjing adalah hewan yang cerdas. Karena kecerdasannya itu, anjing dapat dilatih untuk mengikuti perintah majikannya, seperti duduk, tidur, berdiri, menangkap bola dan lain sebagainya.

Anjing adalah hewan mamalia yang aktif. Anjing akan menyesuaikan suhu tubuhnya terhadap lingkungan. Anjing menyesuaikan suhu tubuhnya yang panas dengan cara mengeluarkan keringat dari telapak kakinya (kelenjar keringat anjing terdapat di telapak kaki anjing), dan menjulurkan lidahnya untuk menyebarkan energi panasnya melalui lidah sehingga kelembaban di lidahnya dapat menguap dan suhu badannya pun dapat menjadi normal kembali.  Bukan hanya pada cuaca panas saja, tetapi saat anjing berlari atau melakukan aktivitas yang dapat menaikan panas badannya, anjing selalu menjulurkan lidahnya untuk mengatur suhu badannya agar selalu berada di suhu yang normal. Bagi Anjing, Cara menjulurkan Lidah merupakan cara yang efektif dan cepat untuk menurunkan suhu badan mereka ke level yang normal.

Itulah alasan kenapa anjing suka menjulurkan lidahnya. Jadi sekarang kalian sudah tau alasannya ya AsahSaya readers!

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Sampai jumpa  di artikel selanjutnya!

Salam AsahSaya! Belajar mudah dan menyenangkan! ^^

Artikel Lainnya :

Mengapa Gempa Bumi Sering Terjadi di Indonesia ? Ini Penjelasan Ilmiahnya !

Fakta Ilmiah Tentang Kucing

Jangan Takut Hantu! Berikut Ini Pendapat Para Ahli Mengenai Keberadaan Hantu

Sumber :

https://dosenbiologi.com

Posted in UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *