Menu Tutup

Mengenal Perbedaan Iklim di Dunia: Tropis, Subtropis, Sedang, Dingin, Kutub

MHai AsahSaya Readers!

Pada artikel kali ini asahsaya akan membahas tentang iklim. Mungkin sebagaian besar dari kamu sudah mengetahui apa itu iklim. Mungkin ada yang belum tahu apa itu iklim, untuk kamu yang belum mengetahui apa itu iklim dan perbedaan iklim di belahan bumi ini, yuk baca artikel ini.  

Iklim adalah rata-rata cuaca dimana cuaca merupakan keadaan atmosfer pada suatu saat di waktu tertentu. Iklim berubah secara terus menerus karena interaksi antara komponen-komponennya dan faktor eksternal seperti erupsi vulkanik, variasi sinar matahari, dan faktor-faktor oleh kegiatan manusia misalnya perubahan pengunaan lahan dan penggunaan bahan bakar fosil.

Iklim di dunia memang berbeda-beda berdasarkan kategorinya masing- masing. Salah satu pengklasifikasian iklim di dunia adalah pengklasifikasian iklim oleh Wladmir Koppen. Klasifikasi iklim oleh Koppen ini berdasar pada rata- rata curah hujan dan temperatur, baik temperatur bulanan maupun tahunan. Hal tersebut disebabkan karena kedua unsur tersebut, yakni curah hujan dan temperatur, merupakan unsur yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan di permukaan Bumi.

Klasifikasi Iklim Menurut Koppen

Koppen membuat klasifikasi iklim seluruh dunia berdasarkan suhu dan kelembaban udara. Kedua unsur iklim tersebut sangat besar pengaruhnya terhadap permukaan bumi dan kehidupan di atasnya. Berdasarkan ketentuan itu Koppen membagi iklim dalam lima daerah iklim pokok. Masing-masing daerah iklim diberi simbol-simbol sebagai berikut.

A : iklim tropis

B : iklim kering

C : iklim sedang

D : iklim dingin

E : iklim kutub

Perbedaan iklim di dunia

Itulah beberapa simbol huruf besar dan huruf kecil yang berada di pengklasifikasian iklim menurut Koppen ini. Kemudian untuk mengetahui lebih jelas mengenai apa saja jenis iklim yang diklasifikasikan oleh Koppen, kita akan mempelajarinya secara lebih detail sebagai berikut:

Iklim Hujan Tropis (A)

Wilayah hujan tropis merupakan wilyah yang memiliki temperatur bulanan terdingin sekitar 18 derajat Celcius. Iklim ini termasuk kategori iklim yang panas. Iklim ini dibagi lagi menjadi tiga tipe yakni Hutan hujan tropis (Af), Monsoon tropika (Am), dan Savana (Aw). Untuk mengetahui lebih detail ketiganya, sebagai berikut:

Hutan hujan tropis (Af), merupakan daerh tipe f pada bulan terkering, curah hujan rata- rata lebih dari 60 mm. daerah ini banyak memiliki hutan- hutan yang lebat, dan terdapat di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera dan Kalimantan.

Monsoon tropika (Am), merupakan daerah peralihan yang mana jumlah hujan ketika bulan bsah dapat mengimbangi kekurangan hujan pada saat bulan kering. Daerah ini juga masih terdapat hutan- hutan yang cukup lebat, dan persebarannya antara lain di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Savana (Aw), merupakan wilayah yang mempunyai musim kering yang panjang. Jumlh hujan pada bulan basah tidak akan mampu mengimbangi kekurangan hujan ketika bulan kering. Tidak bnyak vegetasi yang bisa tumbih di tempat seperti ini. beberapa tanaman yang tumbuh seperti rumput dan pepohonan yang jarang, dan persebarannya antara lain di Nusa Tenggara dan Madura.

Negara-negara beriklim tropis itu antara lain Indonesia, Malaysia, dan negara di Asia Tenggara, India, Hongkong, Arab Saudi, Brasil, Peru, negara di Amerika Tengah, Nigeria, Madagaskar, Kenya, Kongo, dan lain-lain.

Iklim Kering (B)

Selanjutnya adalah iklim kering atau subtropis, yakni daerah yang memiliki tingkat penguapan tinggi daripada curah hujan, dan temperatur pada bulan yang terdingin mencapai 18,3 derajat Celcius. Di iklim ini persediaan air bahkan tidak mendukung untuk kehidupan tanaman. Iklim ini dibagi menjadi dua tipe yaitu iklim stepa (Bs) dan juga iklim padang pasir (Bw). Tanaman yang bisa bertahan di iklim ini diantaranya adalah kaktus. Negara-negara beriklim subtropis antara lain Iran, Irak, Nepal, Tiongkok, Jepang, Korea Utara dan Selatan, Afrika Selatan, Mesir, Australia bagian selatan, Cile, Turki, dan lain-lain.

Iklim Hujan Sedang (C)

Selanjutnya adalah iklim hujan sedang. Daerah yang beriklim ini memiliki suhu rata- rata di bulan terpanas lebih dari 10 derajat celcius. Sama seperti dua jenis iklim sebelumnya, iklim ini dibagi menjadi tiga tipe yaitu iklim sedang dengan musim panas yang kering (Cs), iklim sedang dengan musim dingin yang kering (Cw), serta iklim sedang yang lembab (Cf). Negara-negara yang beriklim sedang antara lain Mongolia, Inggris, Irlandia, Perancis, Jerman, Denmark, Italia, Rumania, Ukraina, dan lain-lain.

Iklim Dingin (D)

Wilayah yang memiliki iklim dingin mempunyai temperatur atau suhu rata- rata di bulan- bulan terdingin kurang dari -3 derajat Celcius, sedangkan di bulan- bulan terpanas suhunya melebihi 10 derajat Celcius. Iklim ini dibagi menjadi dua tipe yakni iklim dingin dengan musim dingin yang kering (Dw) dan iklim dingin tanpa periode siang (Df). Negara-negara yang beriklim dingin, yaitu Denmark, Swedia, Norwegia, Finlandia, Rusia bagian utara, Eslandia, Kanada, dan Alaska. Suhu pada musim dingin itu sangat dingin, sedangkan suhu di musim panas itu sejuk

Iklim Kutub (E)

Iklim yang terakhir adalah iklim kutub. Daerah yang memiliki iklim kutub memiliki temperatur rata- rata di bulan terpanas kurang dari 10 derajat Celcius. Iklim kutub ini dibagi menjadi dua tipe iklim yakni iklim tundra (ET) dan iklim Es Salju Abadi (EF). Di daerah itu musim dingin berlangsung lama, musim panas yang sejuk berlangsung singkat, udaranya kering, tanahnya selalu membeku sepanjang tahun, saat musim dingin seluruh tanah ditutupi es, memiliki jenis vegetasi berupa lumut-lumutan dan semak-semak. Wilayahnya di belahan bumi utara yaitu Amerika Utara, Greenland, dan pantai utara Siberia, sedangkan di belahan bumi selatan yaitu Antartika.

Itulah perbedaan iklim di dunia, yaitu ada iklim tropis, subtropis, sedang, dingin dan kutub. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Kamu juga bisa belajar di kelas virtual asahsaya dengan guru-guru profesional dan berpengalaman. Cek websitenya yuk di www.asahsaya.com dan pilih kelasmu sekarang! #AsahSayaBelajarKekinian #AsahSayaMetamorfosisBelajar

Artikel Lainnya :

Mengenal fase-fase bulan

Mengenal Lapisan struktur bumi

Yuk Bahas Perbedaan Atom, Unsur, Molekul dan Ion!

Sumber :

https://ilmugeografi.com

https://skepticalinquirer.wordpress.com/2015/01/25/pembagian-iklim-menurut-koppen/

https://id.wikipedia.org/wiki/Iklim_kutub

Posted in SD, SMA, SMP

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *