Menu Tutup

Metamorfosis Belajar Kekinian di Kelas Virtual AsahSaya

Hai AsahSaya Readers !

Apa kabar kamu semua? Artikel di blog AsahSaya kembali lagi dengan pembahasan yang menarik dan juga menambah wawasan pengetahuan kamu. Liburan semester telah usai, yang artinya kamu sekarang sudah masuk sekolah lagi. Memasuki awal semester genap, kamu harus tetap semangat belajar ya. Semester genap ini sebagai penentu kenaikan kelas para siswa/i di kelas dan juga sebagai penentu kelulusan untuk para siswa/i di kelas akhir, karena mereka akan melaksanakan Ujian Nasional yang artinya kamu harus lebih bersungguh-sungguh belajar.

Para siswa/i tidak perlu takut menghadapi Ujian Nasional, apabila kamu sudah mempersiapkan Ujian Nasional dengan baik maka kamu akan bisa mengerjakan soal-soal UN nanti. Kamu harus mempersiapkan beberapa hal seperti belajar dengan tekun dan jangan lupa untuk berdoa. Apabila ilmu kamu belum cukup hanya belajar disekolah, kamu bisa mengikuti belajar tambahan di Lembaga Bimbingan Belajar ataupun les private. Salah satu layanan edukasi yang menyediakan kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi online adalah AsahSaya yang tersedia untuk jenjang SD, SMP, SMA, mahasiswa dan umum yang berkerja sama dengan guru-guru favorit, profesional, dan berpengalaman dari sekolah-sekolah dan lembaga edukasi terpercaya di Indonesia.

Tujuan AsahSaya sebagai layanan edukasi online antara lain : Menyederhanakan akses belajar tambahan yang dibutuhkan oleh siswa siswi dengan memperkenalkan layanan bimbel berbasis teknologi online, Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, Menyediakan bimbingan belajar kelas virtual kekinian yang mudah, murah, dan menghadirkan solusi belajar bagi siswa siswi di seluruh Indonesia, dan Memberikan kesempatan kepada guru atau tenaga pengajar profesional, khususnya yang telah pensiun yang telah memiliki banyak pengalaman mengajar agar tetap aktif berbagi ilmunya melalui platform kelas virtual AsahSaya.

Ada 4 unsur dalam proses belajar mengajar pada metode belajar di AsahSaya yaitu :

Interactive Class

Model pembelajaran Interaktif adalah suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran dimana guru pemeran utama dalam menciptakan situasi interaktif yang edukatif, yakni interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa dan dengan sumber pembelajaran dalam menunjang tercapainya tujuan belajar.

Metode belajar di AsahSaya dengan kelas virtual yang bisa bertatap muka denga guru secara online, sehingga guru dan murid bisa tanya jawab secara langsung. Belajar online tidak harus lewat video atau chat. Kamu bisa rasakan sensasi belajar secara LIVE seperti belajar di sekolah ataupun tempat bimbel konvensional tapi kamu tidak perlu keluar rumah, kamu hanya membutuhkan laptop atau komputer untuk masuk ke kelas virtual AsahSaya. Dalam proses mengajar seorang guru harus mengajak siswa untuk mendengarkan, menyajikan media yang dapat dilihat, memberi kesempatan untuk menulis dan mengajukan pertanyaan atau tanggapan sehingga terjadi dialog kreatif yang menunjukan proses belajar mengajar yang interaktif. Pembelajaran  Interaktif merupakan salah satu model pembelajaran yang sangat penting untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa. Komponen–komponen  pembelajaran ditinjau dari pendekatan sistem, maka dalam prosesnya  suatu  pembelajaran  akan melibatkan  berbagai  komponen, diantaranya: tujuan, guru, peserta didik, materi,  metode,  media  serta  evaluasi. Ada beberapa unsur bahwa agar aktivitas-aktivitas kelas interaksi dapat sukses, maka harus :

1) Secara interistik menarik dan bermanfaat bagi sebagian besar siswa.

2) Memberikan kesempatan kepada para siswa yang berbeda untuk memberikan kontribusis yang berbeda.

3) Melibatkan berbagai sumber multimedia.

4) Menunjukkan tantangan. Bagian ini menyajikan berbagai macam interprestasi berkaitan dengan konsep pengajaran berbasis interaksi. Berdasarkan atas pembahasan ini, sejumlah prinsip kelas dapat ditetapkan.

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa Kelas interaktif dirancang untuk membuat murid lebih bereksplorasi, investigasi, eksperimen dan penemuan oleh siswa; Membuat siswa lebih kreatif, kolaborasi dan komunikasi antara guru dan siswa; memungkinkan berbagai pendekatan pengajaran, mempromosikan pembelajaran siswa aktif; menyediakan lingkungan multi-indera yang memaksimalkan kemampuan mental siswa; mengoptimalkan pembelajaran siswa dan mengembangkan keterampilan dengan memanfaatkan potensi teknologi inovatif.

Best Teachers

Guru adalah orang yang mendidik, mengadakan pengajaran, memberi bimbingan, menambahkan pelatihan fisik atau non fisik, memberikan penilaian, dan melakukan evaluasi berkala berkaitan dengan satu ilmu atau lebih kepada seluruh peserta didik.

Sesuai dengan pengertian atau definisi guru diatas, tugas seorang guru antara lain:

1. Mengajar Peserta Didik, tugas pertama dari seorang guru adalah mengajar seluruh peserta didik terkait ilmu pengetahuan yang diketahuinya secara mendalam.

2. Mendidik Peserta Didik, hal inilah yang menjadi tugas seorang guru untuk mendidik sang murid agar berjalan di koridor yang semestinya di dunia pendidikan.

3. Memberi Bimbingan dan Pengarahan pada Peserta Didik, Bimbingan dan arahan ini diharapkan dapat mengembangkan kemampuan motorik maupun kemampuan lain yang dimiliki seorang anak didik.

4. Melatih Peserta Didik, pelatihan dalam dunia pendidikan, dapat dilakukan dalam beberapa hal, seperti membantu meningkatkan kreativitas anak, dan menerapkan diskusi kelompok.

5. Memberikan Penilaian, seorang guru memiliki kewajiban memberikan penilaian kepada anak didik, secara langsung maupun tidak langsung untuk membantu sang anak dalam memahami kesalahan dan kekurangan yang dimiliki.

7. Memberikan Dorongan Moral dan Mental, seorang guru memiliki tugas dan kewajiban untuk memberikan dorongan moral maupun mental kepada anak didiknya agar sang anak didik mampu menghadapi segala jenis permasalahan yang terjadi dalam hidupnya selama mengenyam pendidikan formal maupun non formal.

            Berdasarkan penjelasan diatas, kita bisa simpulkan bahwa seorang guru harus memiliki kriteria tersebut. Para guru di AsahSaya sudah masuk ke dalam Kriteria “Best Teacher” sesuai kriteria tersebut. Guru-guru di AsahSaya adalah guru yang berasal dari sekolah dan Lembaga terbaik di  seluruh Indonesia dan sudah memiliki pengalaman mengajar lebih dari 10 tahun. Dalam proses legiatan belajar mengajar harus ada 3 unsur yaitu pendidik, media, dan murid. Apabila sudah ada ketiga unsur tersebut, maka baru bisa dikatakan proses kegiatan belajar mengajar berhasil. Kamu tidak hanya menonton video saja pada saat proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) di AsahSaya, kamu bisa berinteraksi dengan guru, sehingga apabila ada materi yang belum kamu pahami, kamu bisa menanyakan langsung ke guru AsahSaya.

Real Time Learning

Real Time Learning mengambil konsep dasar penemuan pengetahuan dan mengubahnya dalam dua hal. Pertama, pembelajaran waktu nyata mengubah proses penyampaian pengetahuan ke dalam bentuk mekanisme bantuan dan bimbingan belajar yang tersedia pada saat dibutuhkan pada waktu yang telah ditentukan. Kedua, pembelajaran waktu nyata membuat pengetahuan melekat, sehingga pelajar dapat mengambil pengetahuan dan menerapkannya langsung ke alur belajarnya tepat saat dibutuhkan.

Real Time Learning  menggunakan metode pembelajaran yang luas di mana setiap murid mendapatkan ilmu pembelajaran yang sama, mengambil pendekatan yang lebih terperinci sehingga penyampaian pengetahuan kepada setiap murid berdasarkan kebutuhan mereka. Apa keuntungannya? Tidak seperti metode belajar konvensional, Real Time Learning bisa kamu atur, baik jam belajar maupun desain partner belajar, serta kamu dapat belajar dengan bertatap muka langsung dengan partner dan guru.

Variasi Pilihan Mata pelajaran

AsahSaya menyediakan variasi mata pelajaran mulai dari level SD, SMP, SMA, Mahasiswa, dan Umum. Variasi mata pelajaran yang ada di AsahSaya mulai dari mata pelajaran eksak, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, Sejarah, Sosiologi, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Untuk Bahasa asing AsahSaya membuka kelas Bahasa Jerman, Bahasa Mandarin, Bahasa Perancis, Bahasa Korea, dan Bahasa Rusia.

Pada kelas Bahasa Jerman AsahSaya telah bekerjasama dengan Lembaga Kursus Bahasa Jerman yaitu BBG (Bina Bintang Graha) berlokasi di Bandung dan sudah memberangkatkan siswa/i mereka ke Jerman dengan Program: Au-pair, FSJ, dan Ausbildung. Metode belajar dari BBG yaitu dengan mempelajari keseluruhan Grammer dari A1 sampai B2 hanya dengan 3 sesi saja karena BBG mempunyai Metode pengajaran Schnell Merk System (Singkat, Cepat, Tepat, & Terarah). Apabila kamu ingin belajar bahasa jerman mulai dari level pemula, ingin belajar Bahasa jerman untuk sekolah atau bekerja di Jerman kamu bisa mengikuti kelas Bahasa Jerman di AsahSaya. Belajar dimanapun tidak perlu spent money untuk transportasi karena kelas virtual AsahSaya flexibility.

Berikut video belajar melalui AsahSaya :

https://youtu.be/zT9JvCALxHs

Untuk nonton lebih banyak video cek YouTube AsahSaya

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *