Menu Tutup

6 Hal Yang Harus Tetap Diperhatikan Saat Musim Hujan Tiba, Agar Tetap Semangat Sekolah

Halo AsahSaya Readers, apa kabarnya nih? Lagi musim hujan begini memang paling asyik diam di rumah tidur nonton televisi dan juga makan indomie rebus. Udah paling nikmat memang ya. Eittss tapi kali ini bukan itu yang mau kita bahas tapi bagaimana agar kondisi tubuh kita tetap sehat saat musim hujan. Kita simak saja yuk langsung, hal-hal apa yang harus tetap diperhatikan agar bisa tetap menjalankan aktivitas seperti biasa di luar rumah saat sedang musim hujan seperti saat ini.

Pertama, Kondisi tubuh harus dijaga agar tetap hangat Karena biasanya kita lebih sering kena flu saat musim hujan? Menurut para peneliti, tubuh yang kedinginan terutama kaki dapat menyebabkan gejala flu pada seseorang yang sudah rentan terhadap virus flu. Ketika tubuh berusaha menjaga diri agar tetap hangat, tubuh membatasi aliran darah ke kaki kita termasuk hidung. Hal ini membuat hidung dingin yang menjadi tempat favorit bagi banyak virus.  Selain itu yang harus diperhatikan adalah memastikan diri kita terlindungi dengan memakai pakaian hangat saat musim hujan tiba.

Hal kedua yang dapat dilakukan adalah mandi dengan air hangat, karena saat beraktivitas di luar baik sekolah ataupun bekerja seringkali  terjebak hujan sehingga tubuh kedinginan. Karena itu solusi yang paling baik adalah mandi dengan air hangat.  Sehingga tubuh perlahan-lahan akan meningkat dan tidak kedinginan lagi. Cara ini juga wajib dilakukan karena selain dapat menghangatkan tubuh, bisa menyingkirkan kuman dan melindungi kita dari infeksi.

Ketiga , saat musim hujan yang paling tepat adalah mengonsumsi minuman hangat karena dengan mengonsumsi minuman hangat di musim hujan baik untuk kesehatan dan juga dapat mencegah masuk angin atau infeksi lainnya yang bisa terjadi. Cobalah minum teh hijau atau susu panas. Atau bisa pula makan semangkuk sup panas agar suhu tubuh kita tetap hangat.

Keempat, Tidak lupa agar kondisi tubuh dapat tetap terjaga maka tidak boleh dilupakan juga untuk mengonsumsi vitamin C. Dengan mengonsumsi vitamin C dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan akan membantu mempercepat pemulihan dari virus flu.  Dari asupan vitamin C yang kita konsumsi saat musim hujan tiba inilah yang akan memperkuat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang flu. Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti paprika merah dan hijau, pepaya dan nanas agar kita tidak mudah jatuh sakit.

Hal kelima yang tidak kalah penting adalah banyak minum air putih.  Biasanya pada suhu dingin kita cenderung mengonsumsi air lebih sedikit karena tidak sering merasakan haus. Padahal, dehidrasi tidak selalu ditandai dengan rasa haus. Oleh karena itu tetaplah minum air meski tidak merasa haus. Sebab, cairan adalah elemen penting bagi tubuh yang berfungsi mengeluarkan racun dari tubuh.

Terakhir yang paling penting adalah menjaga asupan makanan. Hal ini perlu diperhatikan saat musim hujan, karena kuman paling mudah tersebar pada saat musim hujan sehingga usahakan untuk tidak jajan atau makan sembarangan, sebaiknya kita masak sendiri makanan yang dikonsumsi agar kebersihan dan nutrisinya terjamin.

Tidak sulit bukan untuk menjalankan hidup sehat di saat musim hujan seperti ini karena kesehatan adalah yang paling penting dan utama agar bisa terus beraktivitas dengan baik seperti biasanya meski cuaca yang kadang kurang mendukung untuk beraktivitas di luar. Selamat mencoba teman-teman

Itulah hal-hal yang harus kamu lakukan untuk selalu menjaga kesehatan di musim hujan yah. Karena percuma kalau kamu sudah belajar tapi kamu sakit, sayang sekali kalau nanti kamu tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Nah! Kamu bisa belajar juga di Kelas Virtual AsahSaya, kamu bisa belajar dengan guru professional dan berpengalaman. Kamu tinggal buka websitenya di www.asahsaya.com Pilih Kelasmu Sekarang.

Tunggu artikel-artikel selanjutnya yah AsahSaya Readers! 

Artikel Lainnya :

Masih Berstatus Pelajar, Siswa-Siswi Indonesia Ini Sudah Membuat Penemuan yang Luar Biasa

Bagaimana Cara Berpikir Kreatif?

Jangan Takut Hantu! Berikut Ini Pendapat Para Ahli Mengenai Keberadaan Hantu

Posted in SD, SMA, SMK, SMP, UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *