Menu Tutup

Tentang kertas dan Tokoh penemunya Yuk kita bahas!

Halo AsahSaya Readers!

Kertas merupakan salah satu alat yang digunakan sebagai media mencatat. Ketika kita masih sekolah bahkan sampai saat ini, kita sering menggunakan kertas untuk berbagai macam keperluan. Taukah kamu, sebelum ditemukannya kertas untuk media mencatat, orang jaman dahulu menggunakan batu dan bambu sebagai media mencatat loh!

Saat ini terdapat berbagai jenis kertas di dunia, mulai dari kertas HVS, Art Paper & Matt Paper, Art Karton, Matte / Doff paper, dan lain sebagainya. Sebelum ada berbagai macam kertas  seperti sekarang, apakah kalian tau kapan kertas ditemukan, siapa penemu kertas pertama kali, dan bagaimana proses pembuatan kertas? Kalau belum tau, yuk bahas bareng-bareng dengan AsahSaya!

Pengertian kertas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kertas merupakan barang lembaran yang dibuat dari bubur rumput, jerami, kayu dan sebagainya yang biasa digunakan untuk media menulis, membungkus dan sebagainya. Kertas merupakan revolusi baru bagi dunia tulis menulis yang mampu menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia.

Tokoh penemu kertas dan kapan pertama kali kertas ditemukan

Siapakah tokoh penemu kertas untuk pertama kali?

Dalam sejarah tercatat bahwa tokoh penemu kertas yang pertama kali adalah Tsai Lun yang berasal dari peradaban China. Tsai Lun merupakan salah satu petugas peradilan kala itu. Saat itu kertas dibuat menggunakan kulit kayu murbei dan bambu yang banyak ditemukan di tahun 101 masehi. Penemuan kertas ini kemudian menyebar ke Korea dan Jepang. Penyebaran kertas terus meluas hingga  kertas terkenal ke seluruh dunia.

Proses pembuatan kertas

Dahulu kala pembuatan kertas masih menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya dan masih dibuat dengan menggunakan cara yang manual, namun saat ini kertas sudah dibuat dengan cara  yang modern di pabrik-pabrik sehingga kualitas kertas jauh lebih bagus.

Salah satu bahan pembuat kertas adalah kayu. Pada jaman dulu, di Indonesia kayu yang sering digunakan untuk membuat kertas adalah kayu berserat pendek yang rapuh seperti kayu akasia, sehingga mudah diolah dan dicampur dengan jenis kayu yang berserat panjang, seperti pohon pinus yang berfungsi untuk menguatkan kertas. Seiring meningkatnya permintaan pasar, saat  ini kertas dapat dibuat dari beberapa bahan seperti bambu, papirus, jerami, tebu, rami, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan saat  ini sudah ada teknologi pengolahan pulp yang lebih maju.

Bagaimana cara pembuatannya?
Yuk bahas bareng AsahSaya!

  • Tahap pembuatan pulp (bubur kertas)

Kayu yang diambil dari hutan produksi di potong-potong (Log), lalu dibuang kulitya dengan menggunakan mesin. Kayu kemudian dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi (chip), kemudian chip dimasak di dalam digester dengan tujuan memisahkan serat kayu dan lignin. Hasil dari pengolahan ini adalah pulp (bubur  kertas)  yang kemudian diolah oleh mesin kertas.

  • Proses pembuatan kertas

Pulp kemudiaan diolah dibagian Stock Preparation. Pada tahapan ini pulp dicampur dengan pewarna kertas, zat retensi, filler untuk mengisi serat kayu. Hasil dari proses ini disebut stock. Stock akan melalui pembersihan dengan menggunakan alat bernama Cleaner, lalu dari cleaner stock akan masuk ke dalam headbox untuk membentuk kertas. Kertas yang keluar dari hasil ini disebut dengan kertas basah (web) dengan kepadatan 20%. Kemudian kertas basah (web) akan masuk ke bagian press part yang berfungsi untuk membuat kertas memiliki kepadatan 50%. Tahapan terakhir adalah kertas basah (web) akan masuk ke bagian Dryer untuk proses pengeringan sehingga kadar airnya mencapai 6%.

  • Tahap Finishing

Kertas kering yang dihasilkan dari proses sebelumnya akan digulung (paper roll), lalu di proses lanjut sesuai penggunaan akhir. Kertas dipadatkan dengan melewati rol logan (calenders).

Nah sekarang sudah tau pengetahuan tentang kertas lebih jauh ya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai habis. Sampai jumpa  di artikel selanjutnya!

Salam AsahSaya! Belajar mudah dan menyenangkan! ^^

Sumber:

beritaunik.net

hellsangelssonomaco.com

bobo.grid.id

berwirausaha.net

Posted in UMUM

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *