Menu Tutup

Solusi Agar SiswaTidak Mudah Bosan Belajar Dari Rumah

Halo AsahSaya Readers, Selama pandemi Covid-19 ini siswa tetap memiliki kewajiban belajar yang harus dipenuhi dari sekolah. Dalam waktu yang lama dan masih belum tahu akan berakhir kapan ini pun mewajibkan sekolah untuk mengikuti kebijakan pemerintah pada masa tanggap darurat ini untuk belajar dari rumah secara online. Aktivitas kegiatan belajar yang dilakukan secara online dalam waktu lama pada saat ini pada akhirnya melahirkan kebosanan bagi murid. Tidak hanya sekolah yang harus menyiasati bagaimana agar kegiatan belajar tidak monoton, siswa pun dan orang tua di rumah harus pandai menyiasati agar kegiatan belajar di rumah tidak cepat membosankan.

Berikut 4 Tips dari AsahSaya untuk siswa agar tidak mudah bosan saat belajar dari rumah :

Kreatif dalam menggunakan Aplikasi Belajar

Siswa-siswi bisa memanfaatkan aplikasi belajar yang saat ini sudah banyak tersedia di Play Store maupun App Store. Ditambah lagi ide dan keterlibatan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang telah menyiapkan pelajaran dari SD hingga SMA yang bisa diakses di belajar.kemendibud.go.id. Situs bisa dikunjungi semua pelajar Indonesia dari manapun dan kapanpun. Nah disini siswa dapat kreatif dalam menggunakan aplikasi belajar agar tidak mudah bosan, siswa dapat belajar secara online sesuai arahan dari sekolah setelah itu jika ingin memberi selingan belajar agar tidak monoton sekaligus menambah pengatahuan lebih banyak lagi maka siswa juga dapat mengakses situs dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tetap Berkomunikasi dengan Teman Sekolah melalui media komunikasi

Siswa bisa tetap berkomunikasi melalui telepon atau berkirim pesan melalui media elektronik dengan teman sekolah agar tidak mudah bosan. Media sosial bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar kabar masing-masing saat berada di rumah, peran orang tua juga perlu disini agar siswa tetap berkomunikasi dengan teman sekolahnya.

Menikmati Hiburan

Setelah kreatif dalam menggunakan aplikasi belajar secara online dan berkomunikasi dengan teman sekolah, siswa harus tetap menikmati hiburan di rumah, misalnya dengan mendengarkan layanan streaming musik atau video atau bermain game setelah selesai belajar. Namun dengan catatan orang tua harus bisa membatasi waktu siswa untuk bermain dan menikmati hiburan lainnya.

Menciptakan ruang belajar yang kondusif

Suasana rumah yang berbeda dengan sekolah terkadang membuat siswa mudah teralihkan sehingga proses belajar pun jadi tidak maksimal. Maka dari itu siswa dapat berkolaborasi dengan orang tua untuk memastikan siswa merasa nyaman dan bisa fokus saat proses belajar di rumah berlangsung. Dengan ruang belajar yang lebih berwarna dan kreatif bisa membuat siswa lebih betah untuk belajar di rumah.

Nah, apabila kalian sudah mulai agak bosan belajar di rumah pada saat ini kalian bisa melakukan empat tips di atas untuk menghilangkan rasa bosan karena belajar dari rumah. Jangan lupa lakukan empat tips diatas dengan gembira dan semangat yang tinggi juga ya teman-teman. Pasti deh hasil yang baik akan terlihat nantinya, selamat mencoba… Kamu juga bisa belajar di kelas virtual AsahSaya, cek websitenya di www.asahsaya.com. Yuk pilih kelasmu sekarang!

Tunggu artikel lainnya ya AsahSaya Readers!

Artikel Lainnya :

Tentang kertas dan Tokoh penemunya Yuk kita bahas!

5 Alasan Pentingnya Menguasai Bahasa Asing Selain Bahasa Inggris

Jangan Takut Hantu! Berikut Ini Pendapat Para Ahli Mengenai Keberadaan Hantu

Sumber :

https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/

https://kumparan.com/kumparanmom/anak-bosan-di-rumah-aja-yuk-coba-konsep-bermain-floortime-moms-1t8CSVQmGo3

https://bandungkita.id/2020/03/20/5

Posted in SD, SMA, SMK, SMP

Konten terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *